Rabu, 03 November 2010

Perdebatan Ilmiyah Yang Tenang dengan Al Akh Muhammad Bin Hadi

Karya:

Fadhilatusy Syaikh Salim Bin ‘Id Al Hilaliy

-Hafizhohulloh-








Penerjemah:

Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsiy

Al Indonesiy -waffaqohulloh-


Darul Hadits Dammaj

-harosahalloh-









بسم الله الرحمن الرحيم

Pengantar Penerjemah


الحمد لله رب العالمين، وأشهد أن لا إله إلا الله وأن محمدا عبده ورسوله، اللهم صل وسلم على محمد وآله وأصحابه أجمعين، أما بعد:

Pada awal bulan ini –Dzul Qo’dah 1431 H- Fadhilatusy Syaikh Salim Bin ‘Id Al Hilaliy -hafizhohulloh- berkunjung ke berbagai markiz Ahlussunnah di Yaman, di antaranya adalah markiz Asy Syaikh Ahmad bin ‘Utsman Al ‘Adniy di Buroiqoh (‘Aden), markiz Akhuna Sami Dzaiban (‘Aden), masjid akhuna Muhammad Al Hakamiy dan beberapa markiz di sekitar itu (Tihamah), juga markiz Asy Syaikh Al Walid Muhammad bin Mani’ (Shon’a). sengaja beliau menghindari markiz-markiz yang membuka front terhadap Darul Hadits Dammaj.

Lalu pada hari Jum’at sekitar pukul sepuluh pagi tibalah beliau bersama Asy Syaikh Al Walid Muhammad bin Mani’ di Dammaj, dan disusul sekitar tujuh mobil dari para pengunjung yang hendak menghadiri ceramah-ceramah beliau di Dammaj ini.

Secara bergantian kedua syaikh tadi menyampaikan nasihat-nasihat dan faidah ilmiyyah. Pada malam Ahad di pertemuan khusus Syaikhuna Yahya Al Hajuriy -hafizhohulloh- menekankan pada Asy Syaikh Salim -hafizhohulloh- untuk membantah beberapa tuduhan dari Asy Syaikh Muhammad bin Hadi Al Madkholiy yang dilansir di internet. Maka Asy Syaikh Salim menjanjikan untuk menjawab tuduhan tadi. Begitu beliau kembali ke Shon’a mulailah beliau menyusun jawaban singkat.

Berikut ini adalah terjemahan naskah jawaban Asy Salim -hafizhohulloh-:

قال أبو عبد الله خالد الغرباني :

Abu Abdillah Kholid Al Ghorbaniy berkata:

أملي عليّ فضيلة الشيخ سليم بن عيد الهلالي – حفظه الله ونصر به السنة – في صنعاء قبل سفره ما يلي :

Fadhilatusy Syaikh Salim Bin ‘Id Al Hilaliy –hafizhohulloh wanashoro bihis sunnah- mendiktekan kepadaku di Shon’a sebelum melanjutkan keberangkatan beliau sebagai berikut:

حوار علمي هادي مع أخي محمد بن هادي – هداه الله -

Perdebatan yang ilmiyyah dan tenang bersama saudaraku Muhammad bin Hadi –hadahulloh-

بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله صلى الله عليه وسلم، أما بعد

(artinya jelas)

فقد اطلعني بعض الإخوان على كلمات مفرغة للأخ محمد بن هادي المدخلي – هداه الله – نسب إليّ فيها مذاهب باطلة، ومواقف لم تحدث، فرأيت أن أنبه عليها من رأس القلم، راجيا الله أن ينتفع بها الأخ المذكور ومن قلده دون حجة ودليل.

Sebagian ikhwan telah memperlihatkan padaku beberapa kalimat yang ditranskrip dari saudaraku Muhammad bin Hadi Al Madkholiy -hadahulloh- yang dinisbatkannya padaku, yang di dalamnya ada madzhab-madzhab yang batil, dan sikap-sikap yang (pada hakikatnya) tak pernah terjadi. Maka aku berpendapat untuk memberikan peringatan singkat atas hal itu, dengan harapan kepada Alloh agar saudara yang tersebut tadi dan orangyang taqlid padanya tanpa hujjah dan dalil bisa mengambil manfaat dengannya.

الذي يظهر من كلام الأخ المنتقد – هداه الله – أنه يتكلم عن أحداثٍ مضى عليها ما يزيد عن إثني عشر عاما ولذلك فقد اختلطت عليه الأمور :

Yang nampak bagiku dari ucapan saudara pengkritik -hadahulloh- tadi bahwasanya dia itu berbicara tentang kejadian-kejadian yang telah berlalu lebih dari dua belas tahun. Oleh karena itulah maka perkara-perkara tadi menjadi tercampur aduk baginya.

1 – لم يميز الأخ المنتقد – هداه الله – بين أصناف من ذكرهم ، فمنهم من جاءه زائرا من تلقاء نفسه ، ومنهم من اتصل به الأخ المنتقد – هداه الله – كالشيخ يحيى الحجوري فإنه أخبرني أن الأخ المنتقد – هداه الله – اتصل به وبمن كان معه وكانوا يومئذ موجودين في المدينة في زيارة الشيخ يوسف الدخيل – رحمه الله – فاتصل بهم الأخ المنتقد – هداه الله – ورجاهم أن يزوروه لأن هناك بعض الأمور يريد أن يبحثها معه ومنهم من لم يتصل به ولم يزره وهو (سليم الهلالي) فإنه لم يتصل به ولم يكلف أحدا بالاتصال به فما أدري من أين أتى برواية الاتصال المزعومة والتي بنى عليها التهديد والوعيد بالطرد من حضرته .

Yang pertama: saudara pengkritik -hadahulloh- tadi tidak bisa memisahkan tipe-tipe orang yang disebutkannya. Ada dari mereka yang datang mengunjunginya dari keinginan sendiri. Adapula yang dia itu ditelpon oleh saudara pengkritik -hadahulloh- tadi seperti Asy Saikh Yahya Al Hajuriy, karena beliau mengabariku bahwasanya saudara pengkritik -hadahulloh- tadi telah menelpon beliau dan orang-orang yang bersama beliau, yang mana pada saat itu mereka sedang ada di Madinah karena hendak mengunjungi Asy Syaikh Muhammad Ad Dakhil -rohimahulloh- maka saudara pengkritik -hadahulloh- menelpon mereka dan mengharapkan kunjungan mereka karena ada beberapa perkara yang dia ingin membahasnya bersama beliau (Asy Syaikh Yahya). Di antara mereka ada juga yang tidak menelpon dirinya dan juga tidak mengunjungi dirinya, dia itu adalah Salim Al Hilaliy, karena dia itu tidak menelpon dirinya (Muhammad) dan juga tidak membebani satu orangpun untuk menelpon dirinya. Maka aku tidak tahu dari mana dia mendatangkan riwayat adanya telpon dari pihakku sebagaimana yang didakwakannya, yang di atasnya dia membangun ancaman untuk mengusirku dari hadapannya.

2 – أن الأخ المنتقد – هداه الله – لم يضبط موقف ضيوفه من فتنة أبي الحسن المصري فبينما هو يستقبل رؤوس المؤيدين للمصري في تلك الفترة وحتى هذه اللحظة وهما الحلبي وصاحبه فإذا هو يهدد بالطرد من لم يظفر منه أبو الحسن كلمة تأييد واحدة وإنما يرى أنه من الممكن إصلاح حاله ، فلما رأى ما آل إليه من التردي والبعد عن الدعوة السلفية الصحيحة قال فيه كلمته بوضوح منذ ست سنوات .

Kedua: bahwasanya saudara pengkritik –hadahulloh- tidak mengingat baik-baik sikap para tamunya terhadap fitnah Abul Hasan Al Mishriy. Makanya ketika dirinya masih menerima tokoh-tokoh pendukung si Mishriy tadi pada selang waktu tadi hingga sekarang. Dan kedua orang tersebut adalah Al Halabiy dan temannya. Tiba-tiba saja dia mengancam akan mengusir orang yang Abul Hasan tidak berhasil mendapatkan darinya satu saja kalimat dukungan buat dirinya. Hanya saja orang ini (Salim) berpandangan masih mungkinnya untuk memperbaiki keadaan Abul Hasan. Ketika dirinya (Salim) melihat keadaan orang ini tambah jatuh dan jauh dari dakwah Salafiyyah yang benar, diapun berkomentar tentang orang itu dengan ucapan yang terang sejak enam tahun yang silam.

3 – وللأسف فإن الأخ المنتقد – هداه الله – ليس عنده معيار ثابت في هذه المسألة، فهو لا يزال يؤوي ويتواصل مع أناس سواء في بلده أو غيره يسيرون على خطى أبي الحسن ويميعون القول فيه .

Ketiga: yang patut disayangkan bahwasanya saudara pengkritik –hadahulloh- tidak punya alat ukur yang kokoh di dalam masalah ini. Dia masih menaungi dan berhubungan dengan sekelompok orang –baik di negrinya ataupun di tempat lain- yang berjalan di atas gaya Abul Hasan dan melembekkan perkataan tentang orang itu.

4 – ما الذي جعل الأخ المنتقد – هداه الله – أن يسكت هذه المدة الطويلة ولم يظهر ما تكن نفسه، أليس من أبجديات الدعوة السلفية في النصح أن المَعْنِي بالنصح أولى الناس بمعرفة عيوبه من غيره، فما علمت يوماً أن الأخ المنتقد – هداه الله – أبدى نحوي نصحية أو استدراكاَ أو تواصلاً في أي أمر من الأمور التي ذكرها أو التي لم يذكرها ولو فعل لوجد مني كل تعاون ومودة، فلست من يغلق أذنيه أمام نصح الناصحين.

Keempat: apa sih yang menjadikan saudara pengkritik –hadahulloh- diam selama tenggang waktu yang panjang ini dan tak mau menampakkan apa yang disembunyikannya. Bukankah termasuk dari kamus dakwah salafiyyah tentang nasihat: bahwasanya orang yang dituju untuk dinasihati itu adalah orang yang paling berhak untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dirinya daripada yang lain? aku tak tahu satu hari saja saudara pengkritik -hadahulloh- menampakkan padaku nasihat atau koreksi atau menghubungiku dalam salah satu perkara yang disebutkannya. andaikata dia mengerjakannya pastilah dia akan mendapati dariku segenap sikap baku tolong dan cinta. Aku ini bukanlah orang yang menutup kedua telinganya di hadapan nasihat orang yang yang menasihati.

5- ما أدري ما هو مناسبة إخراج هذه الضغائن في هذه الأيام وبخاصة وأنا في زيارة دعوية لإخواني أهل السنة في اليمن أسأل الله أن يكون قصد الأخ المنتقد – هداه الله – ونيته صالحة.

Kelima: aku tak tahu apa sih sisi kecocokan dirinya mengeluarkan kedongkolan hatinya pada hari-hari ini, khususnya dalam keadaan aku sedang menziarahi Ahlussunnah di Yaman. Aku mohon pada Alloh agar maksud dan niat dari saudara pengkritik –hadahulloh- itu baik.

6 – أما موضوع خبر الآحاد وموقفي منه، فقد نسب إلي قولاً لم أقله، فهذه كتبي “الجماعات الإسلامية” و“الأدلة والشواهد” شاهد صدق على أن موقفي واضح جلي وأن خبر الآحاد يفيد العلم، وأن هذا قول العلماء أهل السنة والجماعة.

Keenam: adapun bab khobar ahad dan sikap diriku tentangnya, maka orang ini (Muhammad bin Hadi) telah menisbatkan padaku ucapan yang tidak aku katakan. Ini kitab-kitabku: “Al Jama’atul Islamiyyah” dan “Al Adillah Wasy Syawahid” merupakan saksi yang jujur bahwasanya sikapku itu jelas dan terang, dan bahwasanya khobar ahad itu memberikan faidah ilmu, dan bahwasanya inilah ucapan ulama Ahlussunnah wal jama’ah.

(7)لا أعلم ما هو معياره الذي جعله يحكم بأنني بعت ديني من أجل أبي الحسن وهو يعلم علم اليقين أنني في هذه الدعوة منذ خمس وثلاثين سنة ، ولذلك لن أبيع ديني بملئ الأرض من أمثاله فكيف بأمثال أبي الحسن ، وعجبي كيف يفرح بظلم أخيه الذي سبقه بالعلم والدعوة بعشرين سنة على أقل تقدير أم أن عين السخط تبدي المعايبا .

Ketujuh: aku tidak tahu apa alat ukur orang ini yang menjadikannya menghukumi diriku telah menjual agamaku demi Abul Hasan, dalam keadaan dia tahu dengan yakin bahwasanya aku telah ada di dalam dakwah ini sejak tiga puluh lima tahun, dan Karena itu aku tak akan menjual agamaku dengan sepenuh bumi semisal dirinya, maka bagaimana dengan semisal Abul Hasan? Alangkah herannya diriku, bagaimana dia bisa bergembira dengan berbuat zholim pada saudaranya yang telah mendahuluinya dalam ilmu dan dakwah selama dua puluh tahun menurut perhitungan minimal. Ataukah mata kebencian telah menampakkan aib-aib?

(8)إذا كان الأخ المنتقد – هداه الله – لا يعلم أنني بينت موقفي من شبهة (وهي أن خبر الآحاد يفيد الظن) أثارها بعض المغرضين حول هذه المسألة قبل ثلاث سنوات فهذه مصيبة حيث نشر ذلك في الشبكة العنكبوتية , وإن كان لا يعلم فالمصيبة أعظم .

Kedelapan: jika saudara pengkritik -hadahulloh- tidak tahu bahwasanya aku telah menerangkan sikapku terhadap syubhat –bahwasanya khobar ahad memberikan faidah zhonn (praduga)- yang disebarkan oleh sebagian pihak yang berkepentingan di seputar masalah ini sebelum tiga tahun yang lalu, maka ini merupakan musibah karena yang demikian itu telah disebarkan di dalam “Asy Syabakatul ‘ankabutiyyah” (jaring laba-laba). Tapi jika dirinya tidak tahu ini maka musibahnya lebih besar lagi.

(9) وأما مسألة مركز الإمام الألباني فقد بينت حقيقته في ردي على النكرة المأجور أسامة عطايا فليراجع الأخ المنتقد – هداه الله – ما ذكرته هناك ليعلم الحقائق على وجهها.

Kesembilan: adapun masalah markiz Al Imam Al Albaniy maka aku telah menjelaskan hakikatnya di dalam bantahanku kepada orang asing bayaran tersebut: Usamah ‘Athoya, maka hendaknya saudara pengkritik -hadahulloh- merujuk kembali apa yang aku sebutkan di sana agar mengetahui hakikat yang sebenarnya.

هذه كلمات عتاب لأخ كنا نحبه ونقدره حيث كنا نلتقي به عندما نزور والدنا الشيخ ربيع المدخلي –حفظه الله ورعاه- وأرجو أن يستمر هذا التقدير بيننا بأن يراجع الأخ المنتقد – هداه الله – ما قاله ويتثبت مما صدر عنه فإن الرجوع إلى الحقٍ خير من المضي في الباطل، لئلا تطول الذيول وتجر فتناً جديدة، دعوتنا السلفية غنية عنها فحسبها ما فيها، وما ابتليت به، بسبب هذه العجلة وعدم الوضوح في النص والتربص والكلام في الغرف المغلقة ومن وراء الكواليس. ((والله من ورائهم محيط)).

Jawabanku semua tadi merupakan kritikan kepada seorang saudara yang dulunya kami mencintainya dan memuliakannya, yang mana dulu kami berjumpa dengannya ketika kami mengunjungi bapak kita Asy Syaikh Robi’ Al Madkholiy –hafidzohulloh wa ro’ahu-, dan kuharapkan agar sikap saling memuliakan di antara kita tetap lestari dengan cara saudara pengkritik -hadahulloh- menarik kembali perkataannya tadi dan meneliti kembali apa yang keluar dari dirinya, karena rujuk kepada kebenaran itu lebih baik daripada tetap berjalan di dalam kebatilan, agar ekor kasus-kasus ini tidak bertambah panjang dan menyeret pada terjadinya fitnah yang baru. Dakwah kita yang bersifat salafiyyah ini tidak butuh pada fitnah macam tadi, maka cukuplah apa yang ada di dalamnya sekarang ini, dan cukup sudah ujian yang tengah menimpanya, disebabkan oleh ketergesa-gesaan dan tidak jelas dalam memberikan nasihat, dan adanya sikap menanti-nanti kecelakaan orang lain, dan pembicaraan di dalam kamar yang terkunci yang di balik itu ada . “Dan Alloh Muhith (Mahameliputi) dari belakang mereka.”

وأقول للأخ المنتقد – هداه الله – على الرغم من كل ما قلته فيّ ونسبته إلىّ فلا أزال أحسن الظن بك، على الرغم أنني لم أجد لك عذرا فيما نقلت وقلت، ولكنني أقول لعل لك عذرا لم يتبين لي.

Dan aku katakan pada saudara pengkritik -hadahulloh- walau apapun perkataan yang telah engkau lontarkan padaku dan kamu nisbatkan padaku, aku masih tetap berbaik sangka padamu. Meskipun aku tak mendapatkan udzur buatmu terhadap apa yang kamu nukil dan kamu katakan, tapi kukatakan: barangkali kamu punya udzur yang belum jelas bagiku.



سبحانك اللهم وبحمدك استغفرك وأتوب إليك
صنعاء – اليمن-
ليلة الاثنين 9/ ذي الفعدة/ 1431هـ